Internet Marketing


Internet marketing (e-marketing) dapat di artikan sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan media Internet. Kata e dalam e-marketing ini dapat di artikan sebagai elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik, yang dalam hal ini melalui internet. Dengan munculnya teknologi internet, maka banyak muncul istilah baru yang menggunakan awalan "e", seperti misalnya : e-marketing, e-commerce, e-mail, e-business, e-government, e-society, e-mall, e-learning, dll.
Sama seperti pemasaran konvensional, aktifitas yang di lakukan pada internet marketing pada umumnya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek (calon pembeli/pelanggan), serta penulisan kalimat-kalimat pemasaran (copywriting). Adapun tehnik-tehnik yang umumnya di gunakan pada internet marketing meliputi pembuatan website/blog (Web development), promosi melalui banner di website milik orang lain (Banner/Link exchange), promosi melalui optimalisasi mesin pencari informasi (search engine optimization SEO), promosi melalui e-mail (email advertising), pemasaran melalui sistim afiliasi (affiliate marketing), serta iklan interaktif (interactive advertising).

Para pelaku internet marketing harus memiliki banyak strategi dalam rangka menjual produk atau jasa yang mereka pasarkan. Salah satu strategi yang paling umum untuk di gunakan adalah CTPM (yang di populerkan oleh Ken Evoy) kepanjangan dari : Content, Traffic, Pre-sell, dan Monetize. Perlu kita ketahui, bahwa pada dasarnya internet marketing yang berhasil di tunjang oleh cukupnya informasi yang di berikan kepada calon pembeli, dalam hal ini para pengguna internet, akan produk yang kita pasarkan. Oleh karena itu hal terpenting yang harus di lakukan oleh para pelaku internet marketing adalah memberikan informasi yang lengkap dan sejelas mungkin, terkait dengan produk atau jasa yang di pasarkan. Hal penting selanjutnya adalah bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat informasi yang telah kita buat sebelumnya. Untuk mendukung dua hal tersebut diperlukan tehnik branding, yaitu sebuah tehnik untuk membuat kesan indah atau menarik atas produk atau jasa yang telah kita pasarkan. Hal penting terakhir adalah memastikan kita dapat melakukan proses Penjualan dari produk atau jasa yang kita pasarkan.
Berikut Tips-Tips dalam ber-internet Marketing:
1.Menentukan Ide Bisnis Online
Ide adalah pondasi dari suatu bisnis online, ide adalah topik yang akan diangkat menjadi topik utama dalam bisnis online kita kedepannya. jadi harus benar2 di pikirkan baik baik. Langkah awal penentuan ide bisa di mulai dari hal hal yang terdekat dengan kita, seperti hobby ataupun keahlian kita , sehingga kita tidak akan terbebani dengan hal-hal yang akan kita gunakan kedepannya

2.Melakukan Riset untuk Ide yang sudah kita tentukan
Dalam riset ini tujuannya adalah untuk :
  • menentukan target market untuk bisnis online kita
  • mengetahui kompetitor kita siapa-siapa saja yang bermain dalam topik yang sudah kita pilih
  • mencari berapa besar orang yang interest terhadap ide bisnis online kita

Riset dapat dilakukan dengan cara gratis ataupun berbayar . Riset gratis bisa kita lakukan melalui google di search engine dan juga google keyword tool. akan kita bahas di postingan selanjutnya . untuk riset berbayar banyak tools yang bisa di beli di internet tetapi harga tools tersebut biasanya cukup mahal. untuk awal - awal bisa kita gunakan google saja untuk melakukan riset

3.Mengumpulkan Konten yang akan kita gunakan untuk ide bisnis kita
Nah fase ini biasanya adalah bagian " malas " nya hehehe :) untuk saya. Karena kita benar2 harus bisa mengumpulkan konten yang baik dan berkualitas sehingga nantinya bisnis kita akan terlihat profesional dan dipercaya oleh prospek. Konten bisa berupa artikel , video , suara , gambar dan lain sebagainya. 

4.Tentukan Produk yang akan kita jual
Produk sendiri ataupun produk orang lain bisa kita jual di website kita nantinya. untuk produk sendiri ya kita harus siapkan konten2nya sendiri. untuk produk orang lain bisa menjadi affilate dari beberapa situs terpercaya seperti amazon, clickbank dan lainnya

5.Buatlah Website dan Beli nama domainnya
Domain harus ditentukan dan disesuaikan dengan ide bisnis online yang akan kita jalankan. untuk membuat website banyak yang bisa kita lakukan bisa membangun dari awal bagi yang sudah biasa bikin website. untuk pemula bisa install CMS setelah membeli domain dan hosting yang bisa digunakan untuk membuat situs / blog dengan lebih mudah seperti wordspress dan joomla akan kita bahas di posting selanjutnya

6.Beli Hosting dan Onlinekan website kita
Biasanya Domain dan Hosting adalah dalam 1 paket pembelian tetapi bisa juga dilakukan pembelian nya secara terpisah, bisa 1 tahun , 2 tahun dan seterusnya . saat ini harga domain dan hosting relatif cukup murah hanya dalam kisaran 100 - 200 ribu untuk masa 1 tahun. lebih murah jika kita harus membangun bisnis offline.

7.Lakukan Promosi untuk website kita 
Setelah website kita online yang wajib dilakukan adalah promosi. Sama hal nya dengan bisnis offline, promosi di perlukan untuk mendatangkan prospek untuk bisnis kita . Promosi sendiri bisa dilakukan dengan cara gratis ataupun berbayar. perbedaannya adalah pada tingkat efektifitas dan banyaknya prospek yang bisa kita datangkan untuk bisnis kita


No comments

Powered by Blogger.