Sejarah Komputer


Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Perkembangan komputer ini meliputi perkembangan manual, mekanik dan elektronik. Perkembangan manual ini telah ada sejak zaman 300 SM dimana orang-orang pada saat itu telah menggunakan alat yg bernama abascus yg digunakan untuk membantu menghitung. Kemudian, dalam perkembangan mekanik, Penggunaannya sudah menggunakan mesin, namun dalam hal penggunaannya masih membutuhkan fisik(tenaga manusia). Misalnya pascaline yg ditemukan oleh blaisse pascal.
            Sedangkan perkembangan yang paling mutakhir adalah perkembangan secara elektronik yang masih berlangsung hingga sekarang. Perkembangan komputer elektronik ini terbagi menjadi 5 generasi. Dari generasi ke generasi, perkembangan komputer ini sangat pesat. Terbukti semakin majunya teknologi komputer saat ini yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 60 tahun.
Komputer generasi pertama, merupakan komputer yg tersusun dari Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yg ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pd komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada Generasi Kedua, Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan & kemampuan yang imilikinya, menyebabkan  IBM 7090 menjadi sgt popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie1400,   NCR Serie 304, MARK IV   dan Honeywell Model 800.
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC dan diperkenalkan pada tahun 1964.
Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.
            Pada generasi selanjutnya, perkembangan komputer semakin pesat Mulai komputer yang paling awal yg menggunakan OS Windows. Dari Windows 1.0 kemudian Windows 2.0, Windows 2.1 Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95,  Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Bahkan akhir bulan oktober nanti akan dirilis windows terbaru yaitu windows 8. Selain itu, Media penyimpanan pun tak luput dari perkembangan. Misalnya, pada tahun 2010 an, media penyimpanan yang populer saat itu adalah disket. Itu pun kapasitasnya hanya 1.4 mb. Bayangkan dengan sekarang. Flashdisk yg bentuknya kecil, berkapasitas sangat besar. Yg terbaru mencapai 16 Gb. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan komputer di zaman sekarang ini sangat pesat.







No comments

Powered by Blogger.